Welcome to achmad ramadhan safutra's blog Npm : 1257201001219 keep enjoy buddy

Senin, 29 Oktober 2012

resume of DEMOKRASI

Demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan cratein yang berarti pemerintahan atau kekuasaan. Jadi,secara bahasa berarti demos-cratein atau demos crato yang berarti pemerintahan rakyat atau kekuasaan rakyat.

Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Maksudnya adalah:
- Pemerintahan dari Rakyat. Pemerintah dipilih oleh rakyat melalui pemilu.
- Oleh rakyat. Segala aturan dan undang-undang disusun oleh rakyat melalui wakil rakyat yang duduk diparlemen.
- Untuk rakyat. Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat.

Asas Pokok Demokrasi
Gagasan pokok atau gagasan dasar suatu pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakikat manusia, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial. Berdasarkan gagasan dasar tersebut terdapat dua asas pokok demokrasi, yaitu:
> Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan, misalnya pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga perwakilan rakyat secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil; dan
> Pengakuan hakikat dan martabat manusia, misalnya adanya tindakan pemerintah untuk melindungi hak-hak asasi manusia demi kepentingan bersama. 


menurut saya contoh realisasi suatu demokrasi di masyarakat antara lain :
- Menentukan susunan pengurus suatu kampung atau desa dengan musyawarah.
- Pemilihan ketua karang taruna.
- Memecahkan masalah dengan musyawarah mufakat
- Saling tenggang rasa sesama warga
dan yang terpenting demokrasi di masyarakat adalah Bersama-sama memberikan usulan demi kemajuan masyarakat. :) Keep calm... hehe

kesimpulan dari demokrasi sendiri adalah Perilaku budaya politik demokrasi yang perlu kita kembangkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain menjunjung tinggi persamaan, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban membudayakan sikap bijak dan adil, membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan serta mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar